Batu Akik dan Batu Giok

Para Pemburu Batu Akik kini semakin semangat mencari dan mengumpulkan batu permata, baik batu akik maupun batu giok.

Batu akik dan batu giok sekarang ini bisa di bilang sedang trend dan menjadi perbincangan hangat para penikmat batu permata. Dengan harga jual yang semakin bagus bahkan bisa menembus ratusan juta rupiah.

Para kolektor batu akik dan batu giok begitu memburu dua jenis permata ini selain karena keindahannya, terselip cerita mistis yang selalu menjadi daya tarik lain dari setiap batu permata.

batu-akik
Batu Akik dan Batu Giok sering di percaya sebagai jimat, penolak bala, obat dan sarana kesaktian laiannya. Batu akik yang hendak di jadikan sebagai jimat, penolak bala dan obat bukanlah sembarang batu akik atau batu giok, batu tersebut harulah asli bukan barang emitasi dan memiliki pamor dan keunikan tersendiri.

Batu Akik atau batu giok tidak selalu memberikan hal positip bagi pemiliknya, disini haruslah berhati2 untuk memilih batu akik, sebab di percaya satu batu akik atau batu giok memiliki jodoh masing untuk setiap orang.

batu-giok-aceh

Batu Giok 20 ton di Aceh

Batu Giok di temukan di dekat aliran sungai di Gampong Krueng Isep, Kecamatan Beutong, Nagan Raya. Tempatnya di lokasi rimba, belasan km. dari jalan propinsi, serta cuma dapat ditempuh dengan jalan kaki sepanjang 2-3 jam.
batu-bacan-mata-biru
Batu Giok ditemukan oleh Usman pencari batu alam itu kini sudah di belah oleh pemerintah setempat, kabarnya sang penemu batu giok bernilai miliaran rupiah ini sedang prustasi dan kecewa, karena sebagai penemu batu giok ini dia tidak mendapat bagian sepeserpun.
batu-giok-aceh-di-belah
Sebelum nya sempat terjadi ketegangan antara dua kelompok warga yang menginginkan batu giok tersebut, untung polisi cepat mengamankan lokasi. Sengketa itu tak berujung kontak fisik.
Batu-Giok-Aceh-dibelah
Beberapa hari kemudian, setelah ada dialog dengan berbagai pihak, giok tersebut dibelah untuk diamankan ke pusat pemerintah di ibukota Nagan Raya. Sedikit demi sedikit, giok yang ditaksir bernilai miliran rupiah itu terkikis.
bongkahan-batu-giok-aceh
Pecahan batu giok tersebut selanjutnya diangkut ke posko utama yang terletak sekitar 2 km dari lokasi penemuan.