Pameran Batu Akik Di Festival Mentaram

batu akik

Batu Akik, masih menjadi kegembaran masyarakat Indonesia saat ini. Pemerintah Mataram, Nusa Tenggara Barat berencana menggelar pameran Batu Akik Terbesar dalam Festival Mentaram yang rencananya akan di gelar tanggal 6 sampai tanggal 8 Agustus 2015.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram H Abdul Latif Nadjib di Mataram, batu akik adalah warisan lelulur yang harus dilestarikan, sama halnya dengan kesenian dan kebudayaan lainnya.

Batu akik saat ini memang sangat ramai diperbincangkan pada semua tingkatan, bahkan batu akik sudah menjadi salah satu alat komunikasi berbagai kalangan.

Pameran Batu Akik dalam “Festival Mentaram” direncanakan juga akan digabung dengan pameran hasil kerajian emas, perak dan mutiara warga di Mataram.

Kerajinan Emas, perak dan mutiara ini merupakan salah satu produk unggulan Kota Mataram yang juga harus dipromosikan agar ‘booming’ seperti batu akik dan diharapkan bisa menular ke mutiara sebagai hasil produk lokal masyarakat Mataram

batu-akik-yang-dipamerkan

Festival Mentaram merupakan ajang promosi potensi daerah yang sangat efektif, karena akan menghadirkan sekitar 1.500 peserta lebih yang terdiri dari 500 orang peserta dari perwakilan provinsi se-Indonesia dan peserta luar negeri, serta 1.000 orang merupakan peserta dari NTB.

Selain Lokal Festival Mentaram ini akan melibatkan beberapa negara internasional yang akan menampilkan berbagai kearifan seni yang tumbuh dan berkembang secara tradisional pada masing-masing negara. Seperti seni bela diri ‘capoeira’ dari Brasil.

Pameran-Batu-Akik